Contoh MOU Yang Baik dan Benar

Contoh Surat Lamaran Keja Via Email | Dalam melakukan sebuah kerja sama antar perusahaan, biasanya peruasahaan akan membuat sebuah surat yang saring disebut MOU. Sebelum masuk lebih dalam dengan memberikan contoh MOU yang baik dan benar, kami akan berikan sedikit penjelas mengenai apa itu MOU sebenarnya.

Memorandum of understanding atau yang lebih sering kita dengar dengan MOU adalah sebuah dokumen legal yang menjelaskan mengenai persetujuan antara dua belah pihak yang saling sepakat.

[LENGKAP] Pengertian Asuransi, Asuransi Konvensional dan Asuransi Syariah

Contoh mou merupakan sebuah surat yang berisikan tentang kesepakatan kedua belah pihak atau pernyataan, atau uraian-uraian yang mengikat bagi kedua belah pihak yang berupa tulisan.

Macam-Macam Jenis Strategi Pemasaran

Disini kita dapat menarik sebuah kesimpulan bahwa yang namanya MOU adalah merupakan sebuah surat yang isinya merupakan kesepakatan-kesepakatan antara dua belah pihak yang kemudian keputusan tersebut mengikat keduanya dalam sebuah perjanjian kerja sama.

Macam-Macam Contoh Surat Pernyataan Yang Benar

Contoh mou yang baik dan benar ada beberapa jenis nya, tergantung kesepakatan seperti apa yang di inginkan kedua belah pihak, yang dirasa sama-sama menguntungkan dengan tidak adanya salah satu pihak yang dirugikan. Ada beberapa macam mou, seperti contoh surat mou sekolah, contoh mou kerjasama bisnis, contoh mou sponsorship dan masih banyak lagi. Berikut akan dilampirkan beberapa format mou yang baik dan benar.

Berikut Adalah Contoh Mou Yang Baik Dan Benar

Dalam surat perjanjian kerjasama harus ada unsur unsur yang tertera jelas. Seperti :

Pengertian dan Cara Mudah Menghitung Harga Pokok Penjualan

  1. Tanggal pada saat menandatangani surat perjanjian tersebut
  2. Tertera dengan jelas, nama serta jabatan dan perusahaan untuk pihak pertama dan kedua
  3. Ada acuan aturan hukum yang mendasari pembuatan surat penjanjian tersebut
  4. Ketentuan yang dicantumkan harus jelas sesuai dengan perjanjian yang dibuat kedua belah pihak dan tentu nya tidak ada pihak yang dirugikan dalam ketentuan tersebut. Itu mengapa pada bagian ketentuan ini harus dibahas secara rinci dan jelas.
  5. Untuk detai ketentuan, bisa berupa nomor dan boleh juga berbantuk pasal. Missal pasal satu tentang tanggal, dan pasal pasal selanjutnya tentang kewajiban dan hak yang didapat kedua belah pihak.
  6. Harus tanda tangan di atas materai 6000 untuk memperkuat surat perjanjian kerja sama antar perusahaan. Dan bisa dibawa ke ranah hukum apabila ada yang tidak memenuhi isi dari perjanjian tersebut karena sudah bisa dikatakan kuat di mata hukum disebabkan lampirkan materai 6000.

Laporan Arus Kas Metode Langsung dan Tidak Langsung Lengkap Dengan Contoh dan Penjelasanya

Contoh :

SURAT PERJANJIAN KERJASAMA

Nomor : 017/XXI/OS/2017

 Pada hari ini jumat, tanggal 21 bulan September tahun 2017,

Yang bertanda tangan dibawah ini,

  1. Pihak Pertama

Nama               :

Perusahaan     :

Jabatan            :

Alamat              :

Berdasarkan surat keputusan nomor : 20/UHC/VI/2015 tanggal 2 september 2015 dalam hal ini bertindak atas nama jabatan, yang selanjutnya disebut sebagai pihak pertama

  1. Pihak Kedua

Nama               :

Perusahaan     :

Jabatan            :

Alamat              :

Dalam perjanjian ini disebut sebagai pihak kedua.

Kedua belah pihak telah sepakat untuk melaksanakan dan menjalin kerjasama yang telah dituangkan dalam suatu naskah perjanjian kerjasama dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Pihak pertama akan menyiapkan satu set alat band yang selanjutnya akan digunakan pihak kedua untuk kepentingan acara “ Dies Natalis Unsoed Ke 58 “ yang akan diselenggarakan pada tanggal 20 desember 2017.
  2. Pihak kedua berkewajiban untuk membayar kepada pihak pertama dengan uang muka sebesar Rp1.500.000
  3. Pihak kedua wajib untuk melunasi sisa pembayarannya sebesar Rp2.000.000 kepada pihak pertama setelah h+3 acara “ Dies Natalis Unsoed Ke 58 “ yang berjatuh tempo pada hari minggu 23 desember 2017.
  4. Pihak kedua wajib menyantumkan nama perusahaan pihak pertama sebagai yang mendukung acara tersebut diselenggarakan
  5. Pihak pertama wajib memberikan fasilitas satu set lampu beserta dengan sound nya kepada pihak ke dua untuk mendukung acara ” Dies Natalis Unsoed Ke 58 “
  6. (Dan seterusnya sesuai kesepakatan)
  7. …………………………………….

12 Contoh Bukti Transaksi Pembayaran Dalam Perusahaan

Purwokerto, tanggal dua puluh satu September dua ribu tujuh belas

 

Pihak Pertama                                                                                                            Pihak Kedua

 

(Tanda Tangan )                                                                                       (Tanda tangan + Materai )

Kurang lebih seperti itu contoh mou yang baik dan benar. Yang perlu diperhatikan adalah unsur unsure di atas sudah masuk ke dalam surat perjanjian kerjasama yang anda buat. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainya:

Leave a Comment