[LENGKAP] Cara Mudah Membuat Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Perseorangan

Jika pada kesempatan yang lalu kami sudah membahas secara lengkap mengenai berbagai macam surat, baik itu  surat lamaran kerja via e-mail, surat pernyataan, surat keterangan kerja dan juga surat MOU. Maka pada kesempatan kali ini kami akan membahasa secara tuntas mengenai SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan  mulai dari pengertian sampai pada jenis-jenis SIUP.

Oleh karena itu pembaca yang budiman jangan kemana-mana pantengin terus artikel ini sampai tuntas ya.

Baca juga:

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai SIUP, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu definisi dari Surat Izin Usaha Peseorangan itu terlebih dahulu.

Pengertian Surat Izin Usaha Perseorangan atau SIUP

SIUP merupakan sebuah surat izin yang dikeluarkan atau diberikan oleh pejabat atau mentri yang ditujukan kepada seorang pengusaha yang akan memulai usahanya baik dibidnag perdagangan maupun jasa.

Jika para pembaca setia akuntanonline.com akan menjalan sebuah usaha atau bisni dalam bidang pedagangan, maka anda harus membuat SIUP terelebih dahulu sebelum menajalankan usaha atau bisnis anda.

Baca juga:

Surat Izin Usaha Perdagangan merupakan salah satu dokumen penting yang wajib dan harus dimiliki oleh setiap pengusaha, baik perseorangan maupun berbentuk badan usaha sebelum menjalankan usahanya.

Kepemilikan akan surat izin usaha perdagngan tidak hanya sekedar untuk mereka para pengusaha yang memilki skla usaha besar saja, namun bagi anda yang sudah memiliki usaha dengan sekala kecil pun wajib hukumnya untuk memiliki SIUP ini.

Adanya SIUP bagi para pengusaha besar maupun kecil tak lain adalah agar anda mendapatkan izin serta pengesahan dari pihak pemerintahan secara pasti. Karena tidak sedikit pengusaha yang mendapatkan masalah saat tidak memiliki SIUP untuk usahanya.

Untuk itu bagi anda yang ingin memulai menjalankan usaha dan belum memiliki SIUP, disini kami akan berikan beberapa hal yang harus anda ketahui sebelum mengajukan atau membuat SIUP / Surat Izin Usaha Perdangangan.

Baca juga:

Sarat Membuat Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP

Berikut ini merupakan beberapa persyaratan umum yang diperlukan untuk membuat SIUP untuk perusahaan perseorangan:

  • Fotocopy NPWP
  • Neraca Perusahaan
  • SITU/ Surat Keterangan Berdomisili
  • Fotocopy KTP pemilik perusahaan
  • Materai Rp.6000,-
  • Foto pengangung jawab perusahaan/pemilik perusahaan/direktur utaman dengan ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar
  • Mendapatkan izin lain yang berkaitan dengan usaha tersebut
  • Fotocopy setifikat tempat usaha atau surat sewa menyewa, jika usaha anda masih menggunakan sewa tempat.
  • Fotoopy bukti pembayaran PBB atau Pajak Bumi dan Bangunan.

Prosedur Membuat Surat Izin Usaha Perdagangan / SIUP

Dibawah ini merupakan beberapa prosedur yang harus anda lakukan sebelum mengajukan pembuatan SIUP.

  1. Mengambil surt permohonan atau formulir pendaftaran dikantor Dinas Perdagangan

Anda bisa datang langsung ke kantor Pelayanan Perizinan daerah setempat atau bisa datang langasung ke Dinas Perdagangan. Namun apabila anda memiliki jadwal yang sangat padat anda bisa membuat surat kuasa kepada orang lain untuk mengambil formulir pendaftaran atau surat permohonan tersebut.

  1. Formulir pendaftaran diisi kemudian ditadatangani

Formulir pendaftaran atau surat permohonan ini sudah disediakan oleh dinas perdangan. Anda hanya perlu mengisi formulir tersebut secara baik dan lengkap sesuai degnan yang diminta dalam formulir permohonan tersebut.

Kemudian anda tinggal menanda tangain surat tersebut di atas materai Rp.6000,- jika disini anda adalah direktur atau pemilik utama atau penangung jawab perusahaan dagang tersebut. Langkah selanjutnya adalah jika formulir sudah diisi secara baik dan lengkap, makan difotocopy sebanyak 2 rangkap kemudian anda gabungkan dengan berkas-berkas administrasi lainya.

Baca juga:

Jika anda memberikan hak kuasa kepad orang lain, maka anda wajib melampirkan surat kuasa yang ditanda tangani oleh pemilik perusahaan atau direktur utama atau penangung jawab perusahaan tersebut.

  1. Membayar tarif Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP

Mengenai tarif ini umunya berbeda-beda disetiap daerah kabupaten atau kota madya, dan diatur oleh perda  atau peraturan daerah masing-masing tempat.

  1. Pengambilan SIUP

Setelah anda selesai mengajukan surat permohonan pembuatan SIUP untuk usaha anda, biasanya adan akan diminta menunggu kurang lebih selama 2 minggu. Setelah itu nanti pihak petugas pengurusan SIUP akan menghubungi anda dan anda bisa langsung mengambilnya dikantor tempat anda membuat surat izin tersebut.

Baca juga:

Jenis-Jenis Surat Izin Usaha Perdagangan

SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan dikelompokan menjadi 3 bagian berdasarkan besarnya modal dari pendiri usha tersebut, yakni sebagai berikut:

  • SIUP Besar

Pada SIUP besar ini biasanya pendiri memiliki modal usaha sebesar Rp.500.000.000,-

  • SIUP Menengah

Untuk SIUP menengah ini biasanya pengusaha memiliki modal antara Rp.200jt sampai Rp.500jt an.

  • SIUP Kecil

Modal usaha pada SIUP ini biasana lebih kecil dari atau sama dengan Rp.200jt.

Fungsi Surat Izin Usaha Perdagangan

Berikut ini adalah bebrapa fungsi atau kegunaan dari SIUP bagi para pemilik usaha:

  • Sebagai sebuah syarat yang bisa digunakan agar dapat mengikuti proses lelang yang diselengarakan oleh pemerintah.
  • Sebagai bukti pengesahan usaha dari pemrintah, yang dengan itu usaha yag dijalankan sudah sesuai dengan SIUP tersebut.
  • Jika pengusaha sudah memiliki SIUP makan hal ini akan mempermudah pengusaha tersebut dalam melakukan ekspor dan impor atau memperlancar kegiatan tersebut.

Jika anda sudah memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP  ini maka secara resmi perusahaan anda sudah terdaftar dan dinyatakan sah dan bisa menjalankan bisnis atau usaha yang anda jalankan.

Bisa kita simpulkan bahwa, SIUP ini memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang usaha perdagangan. Selain itu dengan adanya SIUP maka perdangan anda akan terhindar dari berbagai ancaman dan pastinya aman saat adanya sebuah razia dari pihak yang berwenang.

Demikianlah penjelasan dari kami mengenai Cara Mudah Membuat Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Perseorangansemoga bermanfaat dan membantu anda semua.

Baca juga:

Leave a Comment